Peta Global Bisnis Online untuk yang hanya ingin tahu atau ingin serius terjun di dalamnya


Ini artikel yang sangat bagus banget untuk anda yang ingin tau atau sekedar tau tentang bisnis online.
gimana cara kerja bisnis online, siapa yang ngasih duit, dll. Saya kurang tahu apakah mereka menanyakan itu karena ingin mendalami atau hanya sekedar ingin tahu saja.

Alhamdulillah, saya sudah jadi praktisi bisnis online ini sejak tahun 2007. Waktu yang cukup lama untuk tahu dengan pasti apa itu bisnis online. So, mudah-mudahan penjelasan singkat ini cukup memberikan gambaran global seperti apa dunia bisnis online yang akan anda hadapi.
Jadi apa itu bisnis online? 
 
Bisnis Online adalah bisnis apapun yang dijalankan lewat internet, dipromosikan lewat internet atau menggunakan bantuan internet untuk meningkatkan penjualan, brand, atau apapun itu.
Gampangnya, apa aja yang menghasilkan uang melalui internet disebut bisnis online.
 
Anda punya motor bekas? Anda promosikan di tokopedia, maka anda telah menjadi PEBISNIS ONLINE.
Apabila anda sudah paham soal ini, maka anda bisa mulai mendalami bisnis online dengan lebih detil. Setidaknya ada beberapa hal yang diperlukan untuk mendukung kesuksesan bisnis online.
 
 
1. Landing Page: Ini adalah halaman tempat anda menuliskan penawaran. Landing page kalau di marketplace biasanya berupa diskripsi produk. Isinya mulai penjelasan produk, fitur, harga, dll. Pokoknya halaman yang dikunjungi oleh pengunjung disebut landing page. Dalam beberapa kasus, landing page tidak melulu berisi penjualan, kadang hanya sebuah video singkat dan tombol registrasi atau form untuk berlangganan artikel. Landing page bisa menggunakan web marketplace, menggunakan social media, atau anda membangun website sendiri. Apapun medianya, dimana pengunjung hinggap atau mendarat di sana, maka itu disebut Landing Page.
 
 
2. Sales letter: Ini adalah bagian penting dalam penjualan. Agar penjualan anda sukses, anda harus belajar bagaimana menulis sales letter yang benar, menarik dan meningkatkan konversi. Anda bisa cari panduan copywriting, hynoticwriting, dll untuk belajar.
 
 
3. Strategi Promosi: Jika landing page sudah siap, sales letter udah dipasang dan cakep, berikutnya adalah berusaha agar banyak yang membuka halaman penawaran anda (landing page). Nah, ini luas banget. Mulai Search Engine Marketing atau biasanya dikenal dengan SEO, Facebook marketing, Youtube Marketing, BBM Marketing, Email Markting, dll. Masing-masing punya strategi sendiri-sendiri.
 
 
4. Customer Handling: Anda harus belajar juga bagaimana mempersiapkan diri untuk menerima kedatangan konsumen. Bagaimana cara efektif melayani konsumen, bagaimana jika mereka melakukan penolakan, dll.
 
 
5. After Sales dan Repeat Order: Selanjutnya anda perlu belajar membuat system agar orang2 yang sudah beli ke anda, sudah jadi konsumen anda, merasakan kepuasan dengan layanan anda hingga memberikan apresiasi positif. Bisa dengan memberi testimoni, melakukan repeat order atau merekomendasikan ke calon pengguna lain.
 
Menurut saya, hanya 5 hal itu saja yang dibutuhkan dalam bisnis online. Tentu masing-masing butuh pembahasan sendiri-sendiri yang lebih detil. Anda bisa mempelajari dari mereka yang sudah pengalaman atau dari panduan-panduan yang banyak tersebar di email-email para mastah maupun di google.
 
Kalau anda suka share hal-hal positif dan bermanfaat dan benci jika facebook isinya sampah melulu, saya yakin anda akan share post ini :)
Share On:

0 please comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com